Antara Aku dan Guruku

Judul Buku: Antara Aku dan Guruku

Penulis       : Muhammad Hifni, dkk

Penerbit     : Pinter (Pustaka Intermedia) 2018

Spesifikasi : A5, HVS, 146 hlm

Menjadi guru itu mudah-mudah sulit. Mudahnya jika kita berpikir tugasnya hanya sebatas sebagai pengajar semata, semua orang akan mampu melakukannya. Sedangkan sulitnya, tugas guru itu sesunguhnya bukan sebatas pada menyampaikan materi pelajaran (mengajar) saja, tapi ia WAJIB ikut mendidik serta membimbing para siswa. Mendidik baru bisa dilakukan dengan baik, jika setiap guru sudah mampu memahami setiap peserta pendidiknya, baik dari kepribadian maupun kemampuan kognitifnya.

Buku ini cocok untuk dijadikan sebagai referensi para guru, calon guru, mahasiswa pendidikan guna memberikan gambaran tentang bagaimana memahami, memperlakukan dan menunaikan harapan dan keinginan setiap siswa. Dan bagi siswa, buku ini juga akan memberikan gambaran bahwa untuk menjadi siswa yang “ENJOY” dalam belajar dan menikmati setiap beban tugas yang diberikan guru itu sesugguhnya cukup mudah dan sederhana.     

 

“Buku ini menjadi bahan evaluasi, kritik, dan saran konstruktif untuk guru, membuka guru bagaimana bisa tampil memikat hati siswa.  PR dan tugas menjadi menarik bagi siswa. Jam kosong Anda menjadi hal yang tidak diinginkan siswa. Menerapkan buku ini insyallah menjadikan Anda guru profesional idaman yang selalu dirindu dan dinantikan siswa.”

Amin Mustofa, Penulis buku- buku best seller, editor, dan guru Bahasa dan Sastra Indonesia di Attanwir Islamic Boarding School Bojonegoro, Jawa Timur   

 

 

DAFTAR ISI

Sekapur sirih

Daftar isi

Bagian Satu:

Kata Pak Guru

Tidak ada Siswa yang Bodoh, yang Ada Guru yang, 2

Siswa Hari Ini Vs Siswa Dulu, 4

Mereka Bukan Mesin Cetak

Ke Sekolah Ko’ Nyari Nilai!

 

Bagian Dua

Dengarkan Curhatan Kami

Kelas Idamankau

Kami Bukan Mereka, Mereka Bukan Kami,

Efek Mengajar Cepat

Guruku Jangan Permainkan Kami Karena Akreditas Sekolah

Siswa Bertanya? Itu Penting

Say No to Bully

Kami Tak Ingin Disuapi

Guru, Jangan Bandingkan Kami

Jangan Pernah Samakan Kami sebab  Kami  Berbeda

Pak, Mohon Jangan Kucilkan Kami

Guruku: Kekeliruanmu Adalah Kegagalanku

 

 

Bagian Tiga

Semua tentang Tugas Rumah

PR yang Disenangi Siswa

Tugas RUmah yang Menyenangkan

Harus Proporsional

Kurangi Tugas Rumah Kami

PR oh PR

PR itu Penting Nggak Sih?

Yang Malas Kami atau Engkau, Duhai Panutanku?

Pentingkah PR itu?

PR itu Menurutku Seperti ini

Tugas Rumahku, Please Pahami Aku

Ngapain Takut pada PR

PR, oh, PR

 

Bagian Empat

Guru Idaman Kami

Murid Nakal Merindukan Guru

Lembutmu, Kunantikan

Sosok Perhatianmu Yang Kami Nanti

Guru yang Kurindukan

Ini Dia Guru Pavorit Kami

Inilah Guru yang Sangat Kami Harapkan

He Who Always I Missed

Nggak Perlu Baik Kok, Asal Pengertian

Guru Pendidik Vs Guru Pengajar

Seperti Apa Sih Guru Idaman itu?

Kenyaman dan Dihargai, itu yang Kami Pinta

Pahlawan yang Kuimpikan

Guru yang Kurindukan

Ngerjakan Tugas

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian Lima

Sekolah Idamanku

Duhai Sekolah Harapanku, Kapan Kau Ada?

Inilah Sekolah Impian Kami

Sekolah Idaman Kami

Ekspektasiku pada Sekolahku

 

Bagian Enam

Cerita Belajar Bahagiaku

Pelajaran  Kosong: Menyenangkan atau Merugikan?

Cerita Belajar Bahagia Kami

Tanpa Beban, Belajar Menyenangkan

Bahagia dalam Belajar itu Penting

Kebahagiaan  Kami  Nggak Sesulit itu Kok

Ikut Eskul, Cara Bahagiaku Bersekolah

 

Profil Penulis

Muhammad Hifni, lahir 31 tahun yang lalu. Lahir di Desa Tumbuh Mulia, Lombok Timur NTB. Sekarang aktif mengajar sebagai guru di SMA Negeri 2 Aikmel serta di MA Syaikh Zainuddin NW (MAPK) dengan bidang keahlian Matematika.

Mulai serius menggeluti dunia penulisan sejak tahun 2016. Menulis baginya merupakan panggilan hati (passion). Keseriusannya dalam dunia ini ia abadikan dengan mendirikan klub menulis yaitu Komunitas Siswa Menulis (KSM) di SMA Negeri 02 Aikmel. Beberapa tulisannya termuat dalam buku:

  • Matematika Kehidupan
  • Ya Allah Mengapa Ujianmu seberat ini?
  • My Trip, My Tafakur
  • Medsosku Sayang, Medsosku Malang
  • Aku, Buku dan Membaca

 

Rinayatul Sofia

adalah anak pertama dari 4 bersaudara  lahir pada tanggal 26 Jannuari 2000 yang sekarang ini menetap di Dasan Tapen Desa Lenek Pesiraman Kec.Aikmel Kab. Lombok Timur NTB. Remaja berhijjab yang memiliki hobi menggambar, menjahit dan berkreasi ini  adalah salah satu siswi klas XII IPA 2 di SMAN 02 AIKMEL. Di sekolah ini, ia mengikuti eksrakulikuler Pramuka, kajian islam, OSIS dan baru-baru ini  mulai mengikuti komunitas kepenulisan yakni KSM.

Selain itu ia juga memiliki cita-cita dalam beberapa tahun mendatang bisa menjadi Desainer busana muslim yang Insya Allah bisa bermanfaat bagi sahabat muslim dengan izin Allah. Amiiin

 

INDAH NAPILA TERSI, lahir di Lenek, Aikmel tepat pada 14 November 1999. Saat ini masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) tepatnya di SMAN 2 AIKMEL. Mengambil jurusan IPA di kelas IPA-1. Penggemar makanan bercoklat. Hobi berorganisasi serta menulis kata-kata mutiara cinta dan bijak. Sosoknya ceria, agresif namun sensitif pula.

Pernah bergabung pada organisasi kepalangmerahan sejak MTS  hingga sekarang. Mendapatkan penghargaan berupa piala juara 2 dari hasil perlombaan palang merah se-NTB dan beberapa sertifikat dari seminar NARKOBA dan PERGAULAN BEBAS sebagai salah satu dari 5 orang perwakilan sekolah. Selain aktif di organisasi kepalangmerahan, Indahpun aktif dalam orgnisasi pencak silat, ia juga teercatat sebagai anggota perguruan silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati Teratai) yang merupakan salah satu wadah belajar bela diri. Kembali berhasil mendapatkan piagam penghargaan dari penilaian selama mengikuti tes jurus, senam, seni, sambung serta pengetahuan dalam ilmu persilatan membuatnya merasa cukup berhasil dari nilai-nilai tinggi yang diraih.

Tak hanya berhasil membanggakan diri dari dua organisasi. Indah pun tak lupa akan hobi dan tujuan awal yang ingin dicapai. Sebuah komunitas kecil bernama KSM (Komunitas Siswa Menulis) yang baru saja terbentuk beberapa bulan silam dimanfaatkannya sebagai tempat membimbing dan mengasah kemampuannya dalam menulis, yang dalam hal ini tentu diharapkan dapat mendorongnya untuk tetap berkarya dari sekarang, esok hingga akhir nanti.

 

FITRIANDIVA WIDIA SARI adalah anak pertama dari 3 bersaudara  lahir pada tanggal, 09 Januari 2000 yang seekarang ini menetap di Dusun Kalisinta Desa Lenek Tengak Kec. Aikmel Kab. Lombok Timur NTB. Remaja yang hobi berenang, menulis dan menari ini merupakan salah satu siswi kelas XII IPA 2 di SMAN 02 AIKMEL. Ia adalah seorang aktivis sekolah dengan segudang organisasi, dari pengurus OSIS, basket, tari hingga pramuka. Ia juga aktif dikeaggotaan Komunitas Siswa Menulis (KSM). Di masa depan ia ingin menjadi penulis terkenal laiknya Andrea Hirata. Selain itu ia juga memiliki cita-cita ingin  menjadi seorang yang bisa membagi ilmu kepada orang lain sebagai pengajar atau dalam kata lain menjadi seorang dosen

 

NIATI adalah anak kedua dari tiga bersaudara yang lahir di Lenek, Aikmel pada tanggal 19 Desember 2001. Sekarang Dia masih duduk di bangku sekolah kelas 11 jurusan MIPA di SMA NEGERI 2 AIKMEL. Cita-citanya ingin menjadi seorang ilmuan yang terkenal. Hobinya membaca dan dia menyukai buku bernuansa islami. Dia mulai menyukai dunia tulis ketika dia mengikuti oraganisasi Komunitas Siswa Menulis (KSM) di sekolahnya

 

ROSA FEBRIZA ONE SWISMA adalah anak pertama dari 2 bersaudara lahir di Mataram pada tanggal, 01 Februari 2000 yang sekarang menetap di Gb. Bagek Daya Desa Lenek Pesiraman Kec. Aikmel Kab. Lombok Timur NTB. Remaja berhijab yang hobi bulu tangkis ini merupakan salah satu siswi kelas XII IPA 2 di SMAN 02 AIKMEL. Di sekolah ini ia mengikuti ekstrakulikuler OSIS, nari dan baru-baru ini mulai mengikuti KSM.selain itu ia juga memiliki cita-cita dalam beberapa tahun mendatang ingin mnjadi seorang Akuntan

 

Namanya BILI NANDA AYU LESTARI, nama panggilannya Bili. Dia tinggal di Lenek, Karang Ranjong, Aikmel. Umurnya 16 tahun dia anak kedua dari tiga bersaudara, Ia lulusan dari SDN 2 LENEK  melanjutkan pendidikannya di MTS NW LENEK 1 dan sekarang ia sekolah di SMAN 2 AIKMEL kelas 11 jurusan MIPA. Hobinya membaca. Cita-cita ingin menjadi orang sukses kedepannya. Ia mulai menulis ketia ia mengikuti suatu komunitas menulis di sekolahnya

 

DEWI SANI LESTARI. Lahir pada tanggal 31 desember 2001 di Desa Lenek, lombok NTB, merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Saat ini ia sedang duduk di bangku SMA kelas  XI. Ia mulai menulis saat mengikuti kegiatan KSM di sekolahnya memiliki hobi menggambar dan bercita-cita menjadi desainer.

 

DELI DWINTA SARI merupakan anak tunggal yang  lahir di Lenek, pada tanggal 2 Juli 2001. Dia duduk di bangku kelas 11 jurusan MIPA di SMA NEGERI 2 AIKMEL. Cita-citanya ingin mengembangkan usaha ibunya yang menjual braneka ragam kue. Hobinya membaca dan juga menggambar. Dia memulai menulis ketika tergabung dalam komunitas di sekolahnya, dan akhirnya ia mulai melirik dunia tulis menulis ini.

Apiyatul Abdani lahir pada tanggal 20 Desember, saat ini duduk dibangku kelas XI jurusan MIPA di SMA Negeri 2 Aikmel. Cita-citanya adalah ingin menjadi seorang penulis professional, yang karyanya dikenal di seluruh nusantara. Selain menulis, dia memiliki hobi bermain basket dan beberapa jenis olahraga lainnya. Dikenal aktif dan ceria, meski terkadang dia juga bisa rada-rada nakal, tapi insyaAllah dia tetap siswa yang baik.

 

ANNISA RIZKIYANI ZAINA yang akrab dipanggil Icha ini, merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Lahir di Lenek  20 Mei 2002. Ia alumni dari SDN 2 Anjani, melanjutkan pendidikannya di SMPN 2 AIKMEL, dan sekarang di SMAN 2 AIKMEL kelas X MIPA 1. Ia sangat menyukai angka 2 namun tetap ingin jadi nomer 1. Cita-citanya ingin jadi Dokter Spesialis Anak, ia mulai menulis sejak duduk di bangku SMP kelas 8. Saat itu dia juga menjabat sebagai ketua jurnalis di sekolahnya dan sudah menerbitkan dua buku bersama teamnya, dan sekarang melanjutkannya hobi menulisnya lewat KSM (Kelompok Siswa Menulis). Adapun hobinya bermain basket dan menggambar. Selain itu dia juga penggemar boyband asal Korsel yang tidak lain dan tidak bukan adalah BTS

 

Mina Helviana, lahir tanggal 31 Desember 2002. Asli dari Lenek, kecamatan Aikmel Lombok Timur. Ia merupakan salah seorang siswa di SMA Negeri 2 Aikmel. Menulis dan membaca adalah hobi beratnya, cita-cita mulianya ingin menjadi seorang guru yang profesional. Orangnya kalem dan pendiam, sosoknya yang ayu menjadi salah satu faktor dirinya sering dirindukan kehadirannya

 

Asril Hanzani, anak kedua dari tiga bersaudara yang lahir di Lenek 9 Januari 2001. Sekarang sedang duduk di bangku kelas XI IPA-3 di SMA Negeri Aikmel. Ia bercita-cita ingin menjadi seorang guru karena kekagumannya pada sosok seorang guru.” GURU ADALAH SENSEI” dalam bahasa biologinya sensei berarti pencetak. “GURU BISA MENCETAK BERBAGAI BIDANG, DAN TENTU JUGA DAPAT MEREPLIKA DIRINYA SENDIRI” kata-kata itulah yang menempel di otaknya, dan  membuat Ia semakin mengagumi sosok seorang guru. Hobinya membaca dan menulis. Untuk menularkan hobinya terebut, ia bergabung diberbagai komunitas menulis. Salah satunya komunitas yang ada di sekolahnya yakni Komunitas Siswa Menulis (KSM).

 

MARHAMAH adalah siswa SMAN 2 Aikmel. Dia anak ke-4 dari 6 bersaudara, Dia lahir di lenek, 29 Januari 2001. Hobinya bermain basket, bad minton dan masih banyak lainnya. Cita-citanya ingin menjadi seorang Dokter dan Penulis terkenal.

 

Bella Edelweis Azzahra, lahir di Lenek pada tanggal 24 Februari 2001. Hobi baca buku, suka olahraga juga, dan paling tertarik dengan yang namanya  teknologi. Mulai suka nulis sejak mengenal yang namanya  buku Diary, kira-kira saat itu waktu kelas 6 SD. Tapi saat itu nulisnya cuma tentang apa yang dialami, apa yang dirasakan dan juga tentang keadaan sekitar saja. Namun untuk saat itu masih belum memperdalam tentang menulis dan cuma nulis kalau mood lagi bagus  aja, dan  pada saat kelas  11 kemudian ikut bergabung  dengan KSM (Komunitas Siswa Menulis) di sekolah. Dan dengan teman-teman KSM yang lain kami menerbitkan buku pertama yang berjudul ANTARA AKU DAN GURUKU.

 

Saosan Alamuna Hayaze’, lahir di Lenek pada tanggal 21 maret 2001, mulai suka menulis saat kelas 8 MTs karena  sangat  menyukai anime jepang dan hobi menggambar karakter- kareakter anime dan menambahkan sedikit demi sedikit cerita, dari situ mulai suka menlis cerita- cerita, kemudian saat kelas 11 bergabung dengan KSM dan belajar tentang bagaimana menulis yang baik, kemudian bersama-sama dengan teman–teman yang lain mulai menulis buku ANTARA AKU DAN GURUKU.

 

Mahyarani, lahir di Lenek, 10 Agustus 2000. Sekarang dia adalah salah satu siswa di SMAN 2 AIKMEL. Membaca dan menulis adalah hobinya. Keinginan besarnya dalam hidup ini, ia ingin menjadi seorang penulis yang tulisannya dapat menginspirasi jutaan orang. Motto hidupnya adalah “menggapai Rhido ALLAH SWT”.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop