• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 085232841193
  • SMS/WA: 085232841193
  • Line : -
  • BBM : -
  • pustakaintermedia@yahoo.com
Terpopuler:

Apakah Anda Melakukan Kesalahan dalam Penulisan

09 July 2018 - Kategori Blog

Apakah Anda Melakukan Kesalahan dalam Penulisan?

Oleh: AS Laksana

Saya juga sering melakukannya.

Banyak sekali kesalahan. Saya kadang bahkan merasa ngeri membaca cerpen-cerpen atau tulisan saya yang sudah telanjur dimuat. Selalu ada kesalahan ketika saya mencoba membaca ulang. Selalu ada ketololan yang saya lakukan pada tulisan-tulisan itu, apa pun bentuk ketololan tersebut.

Untuk itu, hiburan terbaiknya adalah, “Tidak ada orang yang bebas dari kesalahan. Tunjukkan satu saja di planet ini yang tidak membuat kesalahan, anda tak akan menemukannya pada mereka yang bernyawa.” Saya kira memang hanya orang mati yang tidak membuat kesalahan. Oh, ada satu lagi, yakni orang yang tidak mengerjakan apa pun.

Ketika menjumpai ketidakberesan pada tulisan-tulisan yang sudah telanjur dimuat itu, sering saya berjanji untuk tidak melakukan kesalahan di kesempatan berikutnya. Namun, itu hanya menjadi semacam janji palsu yang sering susah ditepati. Saya masih kerap melakukan kesalahan. Apa boleh buat. Saya masih hidup dan masih ingin terus menulis. Dan, anda tahu, kesalahan bisa terjadi oleh berbagai sebab: ketidakcakapan, keteledoran, sikap abai, kelelahan, dan sebagainya.

Hiburan lain untuk kesalahan yang masih terus terjadi adalah para juara juga sering melakukan kesalahan. Mungkin penting bahwa kita bisa bersih dari kesalahan, kalau itu bisa. Tetapi yang lebih penting adalah apa yang anda lakukan setelah anda melakukan kesalahan. Saya kira begitulah kita mengembangkan diri. Begitu pula penulis mengembangkan diri: selalu menulis lebih baik pada kesempatan berikutnya dengan menyadari kekeliruan yang ia buat di waktu-waktu sebelumnya.

Hanya dengan sikap semacam itu maka Kesalahan bisa menjadi sebuah sumberdaya yang penting bagi seorang penulis. Ia akan menjadikan anda berkembang lebih baik. Jika tidak, anda membuang kesempatan besar untuk belajar dan meningkatkan diri.

Karena itu silakan anda melakukan kesalahan. Silakan menulis buruk. Jadikan itu alasan untuk terus menulis dan menghasilkan tulisan yang lebih baik.