• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 085232841193
  • SMS/WA: 085232841193
  • Line : -
  • BBM : -
  • pustakaintermedia@yahoo.com
Terpopuler:

Bagaimana Menjadi Penulis Paling Cepat di Muka Bumi?

12 July 2017 - Kategori Blog

Oleh: AS Laksana

Karena mengajar penulisan, saya menjadi sangat penasaran untuk terus mencari tahu strategi menulis kreatif yang dilakukan oleh para penulis yang bisa menghasilkan banyak buku. Dalam urusan ini, saya tidak melakukan pembedaan apakah ia penulis karya sastra atau penulis novel populer. Yang saya ingin tekankan adalah strategi apa yang ia gunakan sehingga ia bisa menulis cepat dan produktif. Tentang kualitas tulisan, itu tentu berhubungan erat dengan seberapa luas wawasan seseorang. Dan di sinilah pengalaman membaca menjadi sangat penting–kalau bukan yang utama.

Sejauh ini, penulis paling produktif di muka bumi adalah Barbara Cartland. Sepanjang hidupnya ia telah menulis 623 novel. Dan bagaimana ia bisa menghasilkan novel sejumlah itu? Ia bicara. Ia mendiktekan ucapannya kepada asisten steno, kemudian asisten lain akan memindahkan tulisan steno itu menjadi draft novel yang selanjutnya akan diedit oleh Barbara Cartland. Dengan cara itu ia bisa menyelesaikan sebuah novel dalam waktu seminggu.

Jika anda mengikuti cara menulis sebagaimana yang dilakukan oleh Barbara Cartland, niscaya anda bisa menulis dalam waktu yang sangat cepat dan tidak akan ada yang bisa menghentikan produktivitas anda menulis. Anda tidak akan mengalami writer’s block sebab anda bicara. Dan anda bahkan akan lebih efektif dibandingkan Barbara; anda bisa menjinjing “asisten steno” anda ke mana-mana. Ia akan selalu menemani anda, ke mana pun anda pergi. Ia akan mendengar omongan anda, dan akan “mencatat” seluruh ucapan anda kapan pun anda mendiktekan cerita anda kepadanya. Ia ada di saku anda. Bukankah anda bisa menggunakan handphone anda sebagai alat perekam? Dialah “asisten steno” anda.

Saya kira anda perlu melatih keterampilan menulis dengan cara bicara seperti Barbara Cartland melakukannya. Mengingatkan lagi ucapan Laurence Sterne, orang Inggris penulis novel Tristram Shandy, konon menulis akan mudah sekali jika dilakukan seperti anda bicara. Dan pasti akan jauh lebih mudah dan lebih cepat jika anda melakukannya bukan “seperti”, melainkan benar-benar bicara. Karena itu anda perlu membiasakan diri dengan perangkat yang akan sangat membantu kecepatan menulis anda. Dengan cara itu, anda bisa menghasilkan 200 kata hanya dalam waktu paling banter 3 menit. Dengan cara itu anda hanya membutuhkan paling lama 45 menit untuk mendapatkan 3.000 kata. Itu cukup untuk satu bab. Ketika anda bisa menyelesaikan satu bab dalam waktu 45 menit, siapa lagi yang bisa lebih cepat dari anda?

Itu berarti jika anda punya waktu dua jam saja setiap pagi hari, anda bisa menyelesaikan paling tidak dua bab buku anda. Dengan kecepatan seperti itu, dalam empat pagi hari anda sudah akan menyelesaikan 8 bab. Yah, kecepatan anda kurang lebih setara dengan kecepatan Edward de Bono saat ia menyelesaikan Buku Tentang Kearifan dalam waktu 4 pagi hari.