• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 16.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 085232841193
  • SMS/WA: 085232841193
  • Line : -
  • BBM : -
  • pustakaintermedia@yahoo.com
Terpopuler:

“Pinter” Terbitkan Buku Moc. Fatkoer Rohman, Guru Berprestasi NTB

11 July 2017 - Kategori Blog

Sebagai bentuk dukungan pada gerakan literasi, Pinter (Pustaka Intermedia) menyeleksi

dan menerbitkan naskah karya penulis nasional menjadi buku bacaan. Kali ini naskah karya Moch. Fatkoer Rohman yang berjudul “Google Classroom: Jadikan Kelas Digital di Genggaman Anda” yang Pinter terbitkan menjadi buku. Buku ini akan direlase pada akhir Juli 2017.

Buku berukuran A5, isi 106 halaman dengan nomor ISBN 978- 602- 618

28- 3- 8 ini terdiri dari tujuh bab: Mengenal Google Classroom, Mengorganisasi Kelas, Mengelola Topik, Mengunggah Materi, Mengembangkan Soal, Melakukan Penilaian dan Berperan Sebagai Siswa. Menurut Pak Fatkoer, panggilan akrab Moch. Fatkoer Rohman, naskah buku ini ditulis karena era digital saat ini, pembelajaran dalam jaringan (online) sudah harus dikenalkan kepada siswa maupun kepada guru. Bila diperhatikan, pemerintah mendorong sekolah agar menggunakan komputer dalam Ujian Nasional/ UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Selain UNBK, saat ini, banyak sekali aktivitas yang dilakukan dalam jaringan, misalnya pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Dengan demikian, untuk mendukung UNBK dan aktivitas dalam jaringan yang dilakukan oleh siswa, sudah saatnya siswa dikenalkan dengan pembelajaran dalam jaringan, yang juga kita kenal dengan istilah elearning (pembelajaran elektronik).

Untuk kebutuhan pembelajaran dalam jaringan diperlukan aplikasi LMS (Learning Management System). LMS itu digunakan untuk membuat kelas digital atau kelas maya. Saat ini sudah banyak aplikasi LMS yang dikembangkan, baik oleh pihak luar maup

un dalam negeri. Salah satunya “Google Classroom.”  Oleh karena itu, penulis menulis buku “Google Classroom: Google Classroom: Jadikan Kelas Digital di Genggaman Anda.

 

Siapakah Moch. Fatkoer Rohman?

Moch.Fatkoer Rohman adalah guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Peraih predikat Guru Berprestasi jenjang SMA Provinsi Nusa Tenggara  tahun 2017 ini adalah lulusan IKIP Surabaya (sekarang Universitas Negeri Surabaya) jurusan pendidikan matematika.

Guru yang menguasai dunia teknlogi informasi ini aktif di berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan. Pada tahun2013, ia aktif di pendampingan implementasi kurikulum 2013 dan memberikan materi workshop kurikulum 2013 di berbagai sekolah. Pada tahun 2015, ia terpilih sebagai fasilitator Diklat Online yang diselenggarakan PPPPTK Matematika Yogyakarta. Setahun kemudian (2016), ia didaulat menjadi mentor program Guru Pembelajar.

Di kegiatan organisasi, guru kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur ini sebagai ketua MGMP Matematika SMA Kabupaten Lombok Utara.  Mulai 2016, ia terpilih sebagai ketua IGI (Ikatakan Guru Indonesia) Kabupaten Lombok Utara. Mulai 2017, ia terpilih sebagai ketua umum MN (Matematika Nusantara). Di MN, penulis sebagai inisiator penyelenggaraan diklat yang diselenggarakan secara daring.