Bukan Kampongan: Autobiografi H. Safari Hamzah, S. Ag., M. Si, Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang

Judul Buku: Bukan Kampongan: Autobiografi H. Safari Hamzah, S. Ag., M. Si, Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kota Singkawang
Penulis : H. Safari Hamzah, S. Ag., M. Si
Editor : Amin Mustofa
Desain : Samsul Anam
Spesifikasi: A5 (14 x 21 cm), 126 halaman
ISBN : 978- 623-7964-52-0

TENTANG BUKU INI
Buku ini merupakan autobiografi H. Safari Hamzah, S. Ag., M. Si, Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang. Buku ini
disusun mendokumentasikan perjalanan langkah-langkah H. Safari Hamzah, S.Ag., M. Si., yang masa kecilnya merupakan anak kampung yang bisa keluar dari himpitan cakrawala, ekonomi dan tentu saja akses yang jauh dari hiruk pikuk kemajuan hingga kini menjadi Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang.

Buku sebagai ditulis untuk memberikan pelajaran bagi anak-anak dan cucu penulis nanti agar anak cuucunya selalu belajar. Belajar itu sama halnya membuka jalan dari semak belukarnya himpitan kehidupan. Belajar adalah anak kunci untuk membuka pintu bahwa di luar diri terbentang pandangan yang luas, anugerah dan nikmat yang luar biasa dari sang Maha Pencipta. Belajar dari pengalaman adalah referansi nyata.

Perjalanan hidup H. Safari Hamzah yang dituangkan dalam buku ini menjadikan buku ini cocok dibaca semua kalangan, baik siswa, guru, mahasiswa, maupun pembaca umum.

DAFTAR ISI
Persembahan
Prakata
Daftar Isi
Kata Mutiara
Samudra Doa
Tertimoni

Jeep Willis dari Gambar
Jasa Asa
Daftar Mandiri
Dayung Kehidupan
Tengkuyung Vs Ceriak
Bisa Berhitung tapi Tidak Bisa Baca
Belajar Bekerja
Malapetak Kesetiaan
Obat Antisakit Kepala?
Ujian Akhir, Air Pinang Prestasi
Jie Shen 50 Rupiah
Remaja dalam Ruang Sempit
Dayung dan Doa Keramat
Orang Kampung, Bukan Kampongan
Sekolah Kehidupan
Gaya Mahal Harganya
Bidadariku
Ayah, Kusekolahkan sampai Wisuda
Lesung Terbelah Dua
Ujian Kepemimpinan
Ujian Kepemimpinan Formal
Tragedi Kemanusiaan
Pilot Projeck
Penemu Tokoh Pendidikan
Mutasi Kuliah Gratis

TENTANG PENULIS
Safari Hamzah, lahir 8 Februari 1972. Bulan Shafar. Maka dikampung selalu dipanggil Safar. Ayahnya bernama Hamzah bin Thayib dan ibunya bernama Mahbah binti Yasin. Lahir di Gersik, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Mendaftarkan diri sendiri, karena “kepercayaan” Anak Buah Kapal, tanpa didampingi ayah atau ibunya ke SDN Sintete, tertatih-tatih dan hampir tidak selesai sejak tahun 1979. Belajar lagi di MTsN Pemangkat berkat hasil ”upahan” kebun jeruk tetangga buat bayar pendaftaran dan perlengkapan lainnya, akhirnya tamat tanpa sarapan. Berbekal doa ummaknya dia berjuang ingin wujudkan cita-citanya menjadi guru agama, dan mendaftar di PGAN Pontianak. Harapannya hampa, lulusan PGA tahun 1991, tidak otomatis ditetapkan menjadi guru Pendidikan Agama.

Berbekal Dayung dan Doa Keramat kedua orang tuanya, agar bisa menjadi guru Agama, pendidikan dilanjutkan di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Pontianak. Terinspirasi para senior, mahasiswa harus punya nilai tambah. Tidak cukup kuliah, lulus. Maka ia bergabung dengan organisasi Intra dan ekstra Kampus. Tercatat sebagai wakil sekretaris Senat Mahasiswa IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Pontianak. Sebagai pengurus Senat Mahasiswa, terbuka jalan wujudkan asa. Telatih koordinasi, komunikasi, kepemimpinanpun teruji. Ia mulai dipercaya sebagai ketua Komisariat PMII Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Pontianak. Tahun 1995—1996 terpilih dan dipercaya sebagai Ketua Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Pontianak. Kiprah dan teman bergaulnya mulai meluas, kampus dan luar kampus hingga luar pulau. Berkoordinasi dan komunikasi antar sesama organisasi dalam menggerakan, memfasilitasi dan memperjuangkan nasib mahasiswa. Nasibnya sendiri malah terabaikan. Kuliah sedikit tercecer dari angkatannya, demi kemaslahatan dan keummatan.

Berkat kepiawaannya, melalui Kongres PB PMII 1997, beliau ditetapkan sebagai salah satu unsur ketua lembaga di Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jakarta.

Melepas masa lajang dan pengabdiannya sebagai aktivis, tahun 1998 mempersunting teman muslimah sekelas yang cantik dan ayu. Leli Zuhairiah. Dari pernikahannya dengan pasangan bukan yang pertama tapi yang terakhir ini, lahir anak laki-laki “duplikat ayahnya” Faiz Fathur Rahman, lalu duplikat ibu lahir dua putri cantik, Mutiara Ibna Nirmala dan Naila Najwa Asy-syifa.
Dunia aktivis disimpan dalam kenangan, tahun 1998 ditetapkan sebagai guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Samalantan. Semangat sebagai seorang aktivis ditetapkan di mana saja, siap. Sudah biasa berjuang dalam suka maupun duku. Apalagi sekarang sudah dibekali dengan pendapatan sebagai pegawai negeri, relatif cukup. Sebagai guru, darah “pergerakan” selalu menyertai. Maka ia mengabdikan diri, sebagai sekretaris KNPI Kecamatan. Ini dilakukan sebagai kendaraan untuk bisa memahami, komunikasi dengan masyarakat setempat. Mendampingi tim dakwah kecamatan, aktif diberbagai kegiatan masyarakat, masjid dan kegiatan-kegiatan di kantor camat dilakoni kurang lebih 7 (tujuh) tahun.

Mulai 2004 sampai sekarang, beliau menjalankan tugas di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang di Dinas Pendidikan. Tahun 2009 ditetapkan sebagai kepala Seksi Pengembangan Ketenagaan, 2012-103 ditetapkan sebagai Kasi Kesiswaan Bidang Pendidikan Dasar, lalu 2014-105 sebaga Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Mental Spiritual Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Singkawang. Lalu tahun 2015-2016 di promosikan sebagai Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kota Singkawang. Tahun 2017-2018 di mutasi ke Dinas Kesehatan sebagai Kepala Bidang KB dan KS, lalu 2019-2021 ditetapkan sebagai Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang. Tahun 2021 kurang lebih 4 bulan sebagai Kepala Bidang Pendidikan Dasar, dan bulan Agustus 2021 di tetapkan sebagai Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop