Jenis, Jenis Publikasi Ilmiah & Sistematika Penulisannya

Judul Buku: Jenis- Jenis Publukasi Ilmiah & Sistematika Penulisannya.

Penulis        : Suwanto, M. Pd

Penerbit      : Pinter (Pustaka Intermedia), 2018

Spesifikasi : A5, 134 halaman.

Bonus        :  File Aplikasi 

 

Sinopsis

Buku ini membahas beragam hal yang berkaitan dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Cocok untuk guru yang ingin mengajukan kenaikan pangkat. Selain itu, buku ini juga membahas beragam hal yang berkaitan dengan publikasi ilmiah meliputi karya tulis ilmiah, presentasi di forum ilmiah, publikasi hasil penelitian (laporan hasil penelitian, makalah berupa tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah popular, dan artikel ilmiah). Buku ini juga membahas publikasi buku (buku pelajaran, modul/ diktat, buku dalam bidang pendidikan, karya terjemahan, dan buku pedoman guru) dan karya inovatif.

Buku ini memberikan informasi  tentang kegiatan  PKB  guna mendukung  PPGP  dengan landasan hukum diambil dari Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009  tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya  dan Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 

Materi dari buku ini disusun berdasarkan pengalaman penulis dalam membantu para guru menyusun Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit. Setiap pokok bahasan dijelaskan kerangka isi dan besarnya angka kredit, serta sistematika penulisan.

 

Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN …………………….

BAB II

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN

  1. Pendidikan ……………………………………………………. ……
  2. Pembelajaran Bimbingan dan Tugas Tertentu …….. ……
  3. Melakukan PKB …………………………………………….. ……
  4. Melakukan Kegiatan Unsur Penunjang ……………… ……
  5. Laporan PKB Pengembangan Diri …………………….. ……
  6. Contoh Laporan Pengembangan Diri ………………… ……

BAB III KARYA TULIS ILMIAH

  1. Pengertian Karya Tulis Ilmiah ………………………….. ……
  2. Jenis-jenis Karya Tulis Ilmiah ………………………….. ……
  3. Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah ……………………………… ……
  4. Syarat Karya Tulis Ilmiah ……………………………….. ……

BAB IV JENIS-JENIS PUBLIKASI ILMIAH

  1. Presentasi di Forum Ilmiah ………………………………. ……
  2. Publikasi Ilmiah Berupa Hasil Penelitian ……………. ……
  3. Laporan Hasil Penelitian ……………………………. ………
  4. Makalah berupa Tinjauan Ilmiah ………………… ………
  5. Tulisan Ilmiah Populer ………………………………. ………
  6. Artikel Ilmiah …………………………………………… ………
  7. Publikasi Buku ………………………………………………. ………
  8. Buku Pelajaran …………………………………………. ………
  9. Modul/Diktat ……………………………………………. ………
  10. Buku dalam Bidang Pendidikan ………………….. ………
  11. Karya Terjemahan ……………………………………. ………
  12. Buku Pedoman Guru ………………………………… ………

BAB V HASIL PENELITIAN

  1. Pengertian …………………………………………………….. ………
  2. Sistematika Penulisan PTK ………………………………. ………

BAB VI ARTIKEL ILMIAH

  1. Pendahuluan …………………………………………………. ………
  2. Etika Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah …………………. ………
  3. Tulisan Ilmiah Jurnal ……………………………………… ………
  4. Langkah-langkah Menulis Artikel …………………… ………
  5. Bagian Awal Artikel Jurnal Ilmiah ……………………. ………
  6. Bagian Isi Artikel Jurnal Ilmiah ………………………… ………
  7. Bagian Penutup Artikel Jurnal Ilmiah ………………… ………
  8. Gaya Selingkung Artikel Jurnal Ilmiah ………………. ………
  9. Pelanggaran Etika Akademis ……………………………. ………

 

BAB VII BUKU PELAJARAN …………………………… ………

  1. Tinjauan Isi Buku ………………………………………….. ………
  2. Sistematika Isi Buku ………………………………………. ………
  3. Faktor-faktor Menulis Buku …………………………….. ……

BAB VIII MODUL/DIKTAT

  1. Modul ………………………………………………………….. ………
  2. Diktat …………………………………………………………… ………

BAB IX KARYA INOVATIF

  1. Definisi ………………………………………………………… ………
  2. Jenis Karya Inovatif ……………………………………….. ………
  3. Kategori Karya Inovatif ………………………………….. ………
  4. Menemukan Teknologi Tepat Guna …………….. ………
  5. Mencipta Karya Seni …………………………………. ………
  6. Membuat/Memodifikasi Alat Peraga ……………. ………
  7. Penyusunan Soal ………………………………………. ………

BAB X PENYUSUNAN KARYA INOVATIF/ KI

  1. Judul ……………………………………………………………. ………
  2. Abstrak ………………………………………………………… ………
  3. Latar Belakang ………………………………………………. ………
  4. Rumusan Masalah ………………………………………….. ………
  5. Tujuan Karya Inovatif ……………………………………. ………
  6. Manfaat Karya Inovatif ………………………………….. ………
  7. Dampak ……………………………………………………….. ………
  8. Landasan Teori ……………………………………………… ………
  9. Ide Dasar ……………………………………………………… ………
  10. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran ……………. ………
  11. Proses Penemuan/Pembaharuan ……………………….. ………
  12. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran ………………… ………
  13. Data Aplikasi Praktis Pembelajaran …………………… ………
  14. Analisis Hasil Aplikasi Praktis Pembelajaran ……… ………
  15. Desiminasi ……………………………………………………. ………
  16. Simpulan dan Saran ……………………………………….. ………
  17. Daftar Pustaka ………………………………………………. ………
  18. Lampiran ……………………………………………………… ………

 

BAB XI BUKU PEDOMAN GURU

  1. Pengertian …………………………………………………….. ………
  2. Sistematika Penulisan Buku Pedoman Guru ……………………………………
  3. Contoh Buku Pedoman Guru …………………………… ………

 

 

Biografi Penulis

SUWANTO lahir di Kulon Progo, DIY pada tanggal 9 April 1978. Tamat S-1 dari Universitas Ahmad Dahlan 2006 program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan S-2 Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2012 program studi Linguistik Terapan

Pengalaman mengajar dimulai pada tahun 2006 di MTs/MA Mualimin Muhammadiyah Yogyakarta selama 4 tahun. Pada awal tahun 2010 diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kota Pontianak dan mengajar di SD Negeri 33 Pontianak. Pada tahun 2015 mutasi ke SMP Negeri 8 Pontianak sampai sekarang.

Prestasi akademik dimulai dari Lomba Karya Inovasi Pembelajaran PTK SD Tingkat Nasional sebagai finalis pada tanggal 24 s.d 29 November 2014 di Batam yang diselenggarakan oleh P2TK Pendidikan Dasar Kemdikbud. Lomba Karya Ilmiah Tingkat Guru Se-Kalimantan Barat pada tanggal 12 s.d 13 Agustus 2014 mendapatkan juara Harapan I. Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP Angkatan I 10 s.d 14 Oktober 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masuk semifinal.

Workshop yang pernah diikuti sebagai berikut. (1) Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah diselenggarakan oleh Pustekom Kemendikbud pada tanggal 27 s.d 29 September 2017, (2) Kegiatan Diseminasi Literasi Nasioanal Guru SMP Berprestasi Tahun 2017 diselenggarakan oleh Kemendikbud pada tanggal 10 s.d 13 Oktober 2017, (3) Workshop Pengembangan Media Pembelajaran oleh Pustekom Kemendikbud pada tanggal 29 s.d 30 September 2017.

Beberapa artikel yang pernah ditulis dan terbit di Jurnal Guru Membangun Universitas Tanjungpura berjudul Penggunaan Edmodo sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris ISSN 1410-2846 Edisi Agustus Vol.29 No.2 Tahun 2013, Keefektifan Strategi Parafrase pada Pemahaman Membaca di Madrasah Tsanawiyah Kota Yogyakarta ISSN Edisi Januari Vol. 30 No.1 Tahun 2014, Upaya Meningkatkan Pemahaman Teks Fungsional Materi Instruksi dan Pengumuman Melalui Multimedia di Kelas VIIB SMPN 8 Pontianak ISSN 1410-2846 Edisi Nov Vol.34 No.2 Tahun 2016. Buku yang sudah terbit Media dan Karya Inovasi Pembelajaran ISBN 978-602-50044-7-6 Tahun 2017. Buku yang sudah terbit berjudul Media dan Karya Inovasi Pembelajaran ISBN 978-602-50044-7-6.

Penghargaan diperoleh pada tahun 2015 sebagai Guru Berprestasi Terbaik II SD Tingkat Kota Pontianak. Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2015. Guru Berprestasi Terbaik II SMP Tingkat Kota Pontianak tahun 2016. Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2016. Untuk keperluan surel ke suwantosmpn8@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop