Prediksi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Literasi & Numerasi SD/ MI

IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Prediksi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Literasi & Numerasi SD/ MI
Penulis : Abdul Malik, M. Pd., Yustin Susanti, M. Pd., Fitriyanto, S. Pd., SD., Rizqi Nindhiani, M. Pd
Penerbit : Pustaka Intermedia
Spesifikasi: A4 (29 x 21 cm), isi vi+ 74 hlm, hvs.

DESKRIPSI BUKU
Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi guru untuk memahami materi AKM literasi & numerasi sehingga guru dapat mempersiapkan siswa dalam menghadapi AKM. Selain itu buku ini dapat digunakan sebagai latihan siswa dalam menghadapi AKM literasi & numerasi sehingga siswa dapat terampil menyelesaikan soal-soal AKM literasi & numerasi.

Buku ini disusun berdasarkan konten/domain AKM literasi & numerasi. Konten literasi meliputi teks informasi dan teks sastra, sedangkan konten numerasi meliputi bilangan, aljabar, geometri, dan data. Setiap konten memuat beberapa stimulus dan beberapa soal. Bentuk soal dalam buku ini sudah disesuaikan dengan bentuk soal AKM, antara lain pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

DAFTAR ISI
BAB 1 : LITERASI 1
A. Teks Informasi1
B. Teks Sastra 25

BAB 2 : NUMERASI 41
A. Bilangan 41
B. Aljabar 48
C. Geometri dan Pengukuran 56
D. Data dan Ketidakpastian 66

SEKILAS TENTANG AKM
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah asesmen pada kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) dan asesmen kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi). Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produkif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.
Konten literasi meliputi :
1.Teks Informasi
2.Teks Sastra

Proses kognitif literasi meliputi :
1.Menemukan Informasi (acces and retrieve)
2.Memahami Informasi (interpret and integrate)
3.Mengevaluasi dan Merefleksi (evaluate and reflect)

Konteks literasi meliputi :
1.Personal
2.Sosial Budaya
3.Saintifik

Konten numerasi meliputi :
1.Bilangan
2.Aljabar
3.Geometri dan Pengukuran
4.Data dan Ketidakpastian

Proses kognitif numerasi meliputi :
1.Pemahaman (knowing)
2.Aplikasi (applying)
3.Penalaran (reasoning)

Konteks numerasi meliputi :
1.Personal
2.Sosial Budaya
3.Saintifik Intra
4.Saintifik Ekstra

Bentuk soal literasi – numerasi meliputi :
1.Pilihan Ganda
• Terdiri atas pokok soal dengan 4 pilihan jawaban (A, B, C, D)
• Terdapat satu jawaban yang benar

2.Pilihan Ganda Kompleks
• Terdiri atas pokok soal dengan beberapa pernyataan
• Pernyataan diberi tanda centang pada kotak yang disediakan (pada kolom ya/Tidak, benar/salah, atau pilihan lain yang sesuai)
• Terdapat lebih dari satu jawaban yang benar

3. Menjodohkan
• Terdiri atas 2 lajur, lajur kiri untuk pokok soal/pernyataan dan lajur kanan untuk jawaban
•Peserta didik menghubungkan antara pokok soal/pernyataan dan jawaban yang sesuai

4. Isian Singkat
•Soal yang menuntut peserta didik memberikan jawaban singkat
•Jawaban dapat berupa frase, kata, angka, atau simbol

5.Uraian
• Soal yang menuntut peserta didik untuk mengekspresikan gagasan dalam bentuk uraian tertulis atau langkah-langkah penyelesaian masalah
• Jawaban berupa pernyataan atau kalimat

Buku ini juga tersedia di Shopee. Link: https://shopee.co.id/product/180128924/8515189475?smtt=0.180131539-1622850638.3

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop