Melayu Ada Karena Karya

Rp106,700

- +
  • Description
  • Reviews (0)
  • Description
    Weight 160 g
    Dimensions 1 × 14 × 21 cm

    Judul Buku: Melayu Ada Karena Karya

    Penulis       : Dewan Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu (DPD MABM) Kota Singkawang (H. Asmadi, S. Pd., M. Si dkk)

    Penerbit   :  Pustaka Intermedia, 2024

    Spesifikasi: xvi + 166 hlm, A5

    Budaya nasional terbentuk dari kebudayaan daerah.  Indonesia merupakan negara kepulauan sudah tentu memiliki banyak aset tentang budaya.  Ratusan suku bangsa yang mendiami dari seluruh pelosok negeri di nusantara ini setiap masyarakat ras agama memiliki kebudayaannya masing-masing.  Indonesia dengan semboyan keragamannya telah berhasil merajut aneka macam budaya yang berbeda dari suku bangsa yang ada di  seluruh tanah air.

     

     

    Tak terlepas pula dengan keberadaan suku Melayu di Indonesia yang mendiami umumnya di Kepulauan Riau, Sumatera, Kalimantan dan sebagian di pulau Jawa telah banyak berkontribusi dalam hal pelestarian budaya.  Suku Melayu yang mendiami wilayah kota Singkawang tidak terlepas dari peradaban Melayu tua khususnya yang berada di Kabupaten Sambas dan Bengkayang serta disekitarnya termasuk Kabupaten Mempawah, Kota Pontianak, Sintang, Melawi, Landak, Kapuas Hulu, Sekadau, Ketapang, Kayong Utara, Kubu Raya dan Kabupaten Sanggau yang mana setiap daerah memiliki ciri khas kesukuan Melayu yang ada di daerahnya.

    Filosofi Melayu ada karena karya merupakan perwujudan bahwa Melayu mampu menciptakan karya-karyanya nan eksotis, fenomenal serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

     Bukti nyata karya-karya fenomenal suku Melayu yang ada di kota Singkawang telah di Deskripsikan secara panjang rinci dan komprehensif pada buku ini secara keseluruhan.

     Budaya Melayu tak lepas dari objek untuk melakukan penelitian baik itu penelitian secara kesukuan maupun secara keagamaan.  Falsafah Melayu 

    “ Adat besandikan syara’, syara’ besandikan kitabullah, menandakan Melayu memiliki adat yang bersandar kepada syariat agama Islam dan Syariat agama Islam bersandar atau berpedoman kepada kitab suci Alquran.

     

    Tak Ayal lagi bahwa mayoritas masyarakat suku Melayu beragama Islam.  pernyataan ini diperkuat dengan bahwa Islam sebagai agama telah menjadi budaya bagi suku Melayu yang ada di Singkawang.  bukan malah sebaliknya budaya menjadi agama.

     Karya-karya suku Melayu diakui oleh banyak bangsa di dunia ini terlebih lagi negara-negara Serumpun dengan adat melayunya bersumber dari kitabullah.

    Buku ini cocok untuk Anda yang sedang mempelajari budaya melayu. Cocok juga untuk para mahasiswa dan dosen yang sedang meneliti budaya Melayu. Selain itu, para guru dan siswa juga tepat bila membaca buku ini agar budaya Melayu tetap lestari, tidak punah ditelan waktu atau digerus budaya asing. Budaya Melayu adalah khazanah kekayaan leluhur yang patut untuk dikenang dan dilestarikan. Kalau tidak kita yang melestarikan, siapa lagi?

     

    Reviews (0)

    Reviews

    There are no reviews yet.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Melayu Ada Karena Karya
    Rp106,700

    Shopping Cart

    No products in the cart.

    Return to shop